Wednesday, March 11, 2015

Penyebab Rambut Rontok yang Umum Terjadi

Ada beberapa penyebab rambut rontok yang bisa terjadi pada manusia. Bisa berupa faktor dari dalam atau bahkan luar tubuh. Rambut rontok tentu menjadi momok yang mengerikan bagi semua orang. Rambut rontok bisa membuat penampilan Anda menjadi kurang bagus. Selain itu, rambut rontok adalah salah satu faktor pemicu stress yang dahsyat, baik bagi pria maupun wanita. Faktanya hampir semua orang di seluruh dunia mengalami masalah rambut rontok. Yang membedakan hanyalah kadar kerontokan tersebut. Berikut ini beberapa faktor mengapa rambut bisa cepat rontok.

Kurang nutrisi
Alasan pertama rambut bisa rontok adalah karena tidak adanya nutrisi pada rambut tersebut. Rambut sama seperti anggota tubuh lainnya yang memerlukan nutrisi. Agar rambut tetap sehat, tentunya Anda membutuhkan nutrisi rambut yang tepat. Nutrisi ini bisa berasal dari makanan yang Anda makan, atau tambahan vitamin yang dioleskan langsung pada rambut. Nutrisi yang dibutuhkan rambut antara lain adalah vitamin A, B, C dan E. Vitamin A dan C menjaga rambut tetap kuat dan lembab. Vitamin B6 berfungsi menjaga rambut tetap tumbuh dengan sehat. Vitamin E membantu sirkulasi darah yang ada di daerah kepala tetap lancar.
Kurang perawatan
Perawatan sangat penting dalam menjaga kesehatan rambut. Pastikan rambut Anda tetap bersih dari segala macam kotoran yang bisa menempel di kulit kepala. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran ini akan menumpuk dan menyebabkan berbagai masalah rambut, seperti kerontokan dan lain sebagainya. Gunakan shampoo untuk menjaga kebersihan rambut. Namun ingat, jangan gunakan shampo terlalu sering karena malah akan merusak rambut. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing. Selain itu, hindari pemakaian cat rambut, hair dryer atau catok yang terlalu sering. Alat-alat tersebut mampu melemahkan rambut sehingga cepat rontok.
Hamil
Kehamilan adalah penyebab rambut rontok yang paling jelas. Biasanya ini terjadi karena wanita yang sedang hamil mengeluarkan hormon yang berbeda di seluruh tubuh. Hormon yang sampai di kepala membuat pertumbuhan rambut terganggu dan akhirnya mudah rontok. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya selalu konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi rambut. Namun Anda jangan khawatir karena kerontokan rambut akan segera berakhir seiring dengan kelahiran si bayi. Setelah kelahiran, hormon pada tubuh akan kembali normal.
Stress

Orang yang stress cenderung memiliki kerontokan rambut yang lebih banyak daripada orang normal. Hal ini disebabkan karena ketidakstabilan hormon pada kondisi stress. Kerontokan rambut yang terjadi bisa membuat kondisi orang tersebut semakin stress dan labil. Oleh karena itu, hindari stress sebisa mungkin. Jika Anda stress karena terlalu banyak memikirkan pekerjaan, Anda bisa ambil cuti sejenak dan pergi liburan untuk mengendorkan urat-urat pada tubuh. Dengan begitu, penyebab rambut rontok bisa Anda hindari dan rambut Anda bisa tumbuh dengan sehat.


Penyebab Rambut Rontok yang Umum Terjadi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: setya adhi