Friday, March 6, 2015

Tips Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut adalah salah satu bagian terpenting bagi wanita. Bahkan tidak hanya wanita, kini pria pun juga tampak peduli dengan penampilan rambut mereka, sebab rambut dapat dijadikan cerminan kepribadian orang sekaligus identitas seseorang. Oleh karenanya, memiliki rambut normal yang sehat, subur dan indah akan sangat penting, baik untuk menunjang penampilan, ataupun untuk melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari, polusi, dan juga bakteri. Namun tidak semua orang memiliki kondisi rambut yang normal. Banyak orang memiliki rambut yang lepek cenderung berminyak. Akibatnya rambut terasa kering dan kusam, serta sangat sulit untuk diatur. 

Masalah rambut berminyak dapat disebabkan oleh kondisi rambut atau kulit kepala yang tidak dapat bernafas dengan bebas. Beberapa penyebabnya adalah karena mengikat rambut terlalu lama, atau terlalu sering, juga penggunaan tutup kepala, seperti kerudung, ataupun topi yang terlalu sering. Oleh sebab itu, masalah kulit kepala yang berminyak sangat sering dihadapi oleh wanita yang berhijab.

Beberapa cara untuk merawat rambut berminyak adalah dengan menggunakan shampoo dengan formulasi yang ringan, seperti misalnya shampoo bayi. Gunakan shampoo bayi untuk merawat rambut selama kadar minyak di kulit kepala masih berlebih. Setelah minyak berangsur-angsur normal, penggunaan shampoo biasa untuk orang dewasa karena pada dasarnya shampoo bayi hanya diperuntukkan bagi bayi dan perlindungannya sangat kurang bagi orang dewasa. Cara yang kedua adalah dengan mencuci rambut setiap hari pada bagian batang hingga ujung rambut. Hindari mencuci kulit kepala setiap hari karena keramas terlalu sering malah akan membuat kondisi kulit kepala menjadi kering dan memicu ketombe. Selanjutnya hindari keramas dengan menggunakan air hangat sebab penggunaan air hangat hanya akan menambah kuantitas minyak pada kulit kepala. Gunakan air dingin yang akan menguatkan kondisi folikel rambut sehingga rambut yang baru tumbuh pun akan lebih kuat.

Yang lebih penting lagi, gunakan kondisioner untuk bagian batang dan ujung rambut saja, agar kesehatan dan kelembaban rambut tetap terjaga. Selanjutnya hindari pemakaian gel atau minyak rambut selain untuk kepentingan pemijatan. Penggunaan minyak rambut untuk pemijatan, seperti misalnya minyak kelapa, sangat dianjurkan untuk rambut berminyak. Namun jangan gunakan minyak rambut untuk kepentingan estetika agar rambut tampak mengkilap karena hanya akan memperparah kondisi rambut berminyak Anda.


Tips Mengatasi Rambut Berminyak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: setya adhi