Thursday, May 7, 2015

Tips Membuat Rambut Indah dengan hanya Daun Pare

Setiap orang, terutama kaum wanita pasti menginginkan rambut yang indah dan sehat. Namun penggunaan bahan-bahan kimia yang diproduksi massal untuk memperindah rambut rupanya sering membawa efek buruk bagi kesehatan rambut, seperti misalnya masalah rambut yang berminyak, bercabang, berketombe, dan bahkan rontok. Oleh karenanya, kini semakin banyak orang kembali memilih perawatan rambut secara herbal atau alami, dengan menggunakan berbagai bahan yang ada disekitar kita, seperti misalnya penggunaan daun urang aring, minyak kemiri, daun seledri, lidah buaya,  termasuk juga daun pare.


Pare biasa dikenal sebagai tanaman yang buahnya dikonsumsi sebagai sayur. Namun belum banyak yang mengenal bahwa tanaman pare, terutama daunnya dapat digunakan sebagai ramuan penyubur rambut dan menjaga keindahan rambut dengan memberikan kelembaban yang lebih pada rambut. Kondisi rambut yang berminyak biasanya menyebabkan rasa gatal dan memicu datangnya ketombe sehingga rambut menjadi bau, lepek, dan rontok. Daun pare berfungsi sebagai penyubur rambut yang mencegah adanya minyak berlebih pada kulit kepala, dan menjaga kesehatan kulit kepala sehingga akar rambut menjadi kuat dan sekaligus mencegah kerontokan rambut. 

Untuk memanfaatkan daun pare sebagai penyubur rambut, Anda perlu melakukan beberapa langkah. Langkah yang pertama adalah mencuci satu genggam daun pare hingga bersih. Langkah kedua adalah menumbuk daun pare yang telah dicuci bersih hingga halus dan terasa lembut saat dipegang, seperti layaknya bubur. Tambahkan sedikit air agar proses penumpukan menjadi lebih mudah. Setelah halus, letakkan hasil tumbukan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, utamakan di tempat yang cukup terbuka, kemudian biarkan tumbukan selama semalaman. Setelah semalaman dibiarkan, esok paginya saring tumbukan daun pare, ambil sarinya, lalu gunakan untuk membasuh kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan selama kurang lebih setengah jam supaya meresap, kemudian bilas seperti biasa. Untuk penyembuhan rambut yang telah mengalami kerontokan dan kondisi rambut yang berminyak, sebaiknya lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari. Setelah Anda merasakan perubahan dan rambut berangsur-angsur sehat, perawatan dengan daun pare dapat dikurangi intensitasnya menjadi satu minggu dua kali, lalu kemudian satu minggu sekali. 

Diatas tadi merupakan ulasan singkat cara memperindah rambut menggunakan daun pare. Anda juga dapat membaca beberapa tips dari kami yang lain seperti cara merawat rambut berdasarkan jenis rambut dan cara mengatasi rambut kering dengan mudah.


Tips Membuat Rambut Indah dengan hanya Daun Pare Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sri Sudart