Saturday, January 31, 2015

Penyebab Utama Ketombe di Kulit Kepala Anda

Keringat dan salah memakai sampo seringkali disebut-sebut sebagai penyebab ketombe. Tapi tahukah anda jika yang menyebabkan ketombe bukan hanya dua hal tersebut? Masih banyak faktor yang menyebabkan ketombe muncul berulang kali di kepala dan mengganggu kenyamanan karena rasa gatal yang tidak tertahankan. Sebelum mengetahui apa saja yang menjadi sumber datangnya ketombe di kulit kepala kita, ada baiknya kita mengetahui apa itu ketombe terlebih dahulu. Ketombe sebenarnya merupakan kulit kepala kita yang mengelupas, bukan organisme seperti kutu, maka dari itu bentuk ketombe memang seperti kulit mati yang terkelupas. Sebenarnya pengelupasan kulit kepala adalah hal yang wajar namun akan menjadi masalah jika jumlahnya berlebihan dan disertai rasa gatal yang amat sangat.

Rasa gatal itu sendiri sebetulnya normal jika dalam batas yang wajar karena proses pengelupasan kulit di bagian tubuh manapun pasti diiringi dengan rasa gatal. Namun rasa gatal yang berlebihan merupakan gejala iritasi dan dapat membuat ketombe semakin banyak. Sejauh ini terdapat beberapa hal yang diketahui sebagai penyebab datangnya ketombe. Penyebab umum terjadinya ketombe di kulit kepala adalah keringat. Keringat di kepala akan mengakibatkan rasa tidak nyaman dan rasa gatal. Mungkin keringat tidak akan menjadi masalah apabila langsung dicuci bersih, namun bila anda malas mencuci rambut dengan sampo, keringat yang menumpuk bercampur dengan minyak rambut di kepala akan mengakibatkan ketombe.

Sampo yang tidak terbilas dengan bersih juga dapat mengakibatkan ketombe, maka dari itu anda harus memastikan bahwa tidak ada sisa sampo yang tertinggal saat anda keramas. Faktor makanan pun dapat menjadi penyebab ketombe di kepala, apalagi jika makanan tersebut panas dan pedas. Makanan yang pedas dan panas mudah memicu keringat yang bisa mengakibatkan ketombe. Selain makanan, cuaca yang panas juga harus diperhatikan sebagai salah satu penyebab timbulnya ketombe. Maka dari itu, anda sebaiknya mendinginkan kepala saat cuaca panas supaya tidak muncul ketombe. Faktor lain yang dapat memicu ketombe adalah produk perawatan rambut. Penggunaan produk yang sembarangan dan tidak cocok untuk jenis rambut akan mengakibatkan alergi dan ketombe di kulit kepala.

Meskipun ketombe adalah masalah, bukan berarti tidak ada cara yang dapat mengatasi ketombe. Di pasaran sudah tersediaserangkaian produk yang dapat membantu menghilangkan ketombe seperti sampo, kondisioner, atau masker rambut. Namun butuh ketelitian yang lebih dalam memilih produk instan tersebut karena salah memilih produk dapat mengakibatkan masalah kulit kepala yang lebih parah lagi. Solusi lain adalah menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk lemon, santan, daun pandan, atau apel. Bahan alami jelas tidak akan mengakibatkan masalah pada kulit kepala. Dan yang paling penting adalah menjaga kebersihan kulit kepala supaya bebas dari keringat yang merupakan penyebab ketombe.


Penyebab Utama Ketombe di Kulit Kepala Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown