Wednesday, August 19, 2015

5 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Alami

Banyak orang yang melakukan berbagai upaya tips rambut sehat untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepalanya. Hal ini disebabkan karena rambut adalah bagian tubuh yang dianggap sebagai mahkota, baik oleh wanita maupun pria. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika produk perawatan rambut yang dijual di pasaran selalu laris manis dibeli oleh pembeli. Sebenarnya menjaga kesehatan rambut tidak perlu dilakukan dengan menggunakan bahan kimia. Ada banyak tips sederhana namun cukup ampuh untuk membuat rambut kita tetap sehat. Penasaran? Berikut ini beberapa tips perawatan rambut yang bisa Anda lakukan.
Minum yang cukup
Mungkin sebagian dari Anda bingung memahami hubungan antara minum yang cukup dengan rambut yang sehat. Namun justru hal ini memiliki hubungan yang sangat erat. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia, seperti mengatur suhu tubuh serta melarutkan berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh. Apabila seseorang mengalami kekurangan cairan (dehidrasi) maka secara otomatis tubuh tidak bisa bekerja secara optimal. Suplai air yang kurang juga membuat rambut rusak. Oleh karena itu pastikan selalu minum air yang cukup minimal 8 gelas sehari.
Makan bernutrisi
Sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan minyak. Jenis makanan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut Anda, diantaranya adalah rambut yang berminyak dan munculnya ketombe. Lebih baik perbanyak makan makanan yang kaya akan mineral dan vitamin, terutama vitamin E. Vitamin E mampu menjaga kelembaban rambut dan memperkuat rambut mulai dari akar hingga ujungnya secara merata.
Jangan stress
Stress memicu berbagai masalah dalam tubuh. Salah satunya adalah produksi minyak rambut yang berlebih. Akibatnya rambut Anda penuh akan ketombe. Rambut juga gampang rontok. Tips rambut sehat sekaligus menghindari stress adalah dengan meluangkan waktu untuk piknik ke tempat wisata yang menarik. Dengan begitu pikiran Anda akan kembali fresh dan memiliki energi baru untuk melakukan berbagai aktivitas di kantor. Melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda juga cukup banyak membantu mengurangsi stress.
Mengawasi penggunaan obat

Perhatikan jenis obat-obatan yang biasa Anda konsumsi. Obat yang diproduksi dari pabrik memiliki kandungan bahan kimia yang banyak. Bahan kimia ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan rambut Anda. Apabila suatu hari Anda menemukan ada masalah dengan rambut, bisa jadi itu adalah efek samping dari obat yang Anda konsumsi. Segera hubungi dokter untuk berkonsultasi tentang masalah ini.
Hindari keramas terlalu sering
Banyak orang beranggapan bahwa dengan sering keramas, maka rambut akan tetap sehat. Ini adalah anggapan yang salah. Keramas membuat rambut dan kulit kepala Anda kering karena menghilangkan minyak alami yang dihasilkan oleh rambut. Tips rambut sehat yang terakhir adalah dengan memberi jeda keramas sekitar 2 hari sekali.


5 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown