Thursday, June 11, 2015

4 Tips Mengatasi Rambut Bercabang dengan Mudah

Banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi rambut bercabang. Rambut bercabang adalah musuh bebuyutan para wanita. Namun ternyata salah satu penyebab terbesar munculnya rambut bercabang adalah karena perawatan rambut yang salah, seperti penggunaan shampo, pelurusan rambut, pengecatan rambut serta pemakaian hair dryer. Alih-alih memperoleh rambut yang sehat dan kuat, justru rambut menjadi rusak dan bercabang. Jika hal ini tidak segera diatasi, rambut bisa rontok. Rambut bercabang biasanya terlihat pada ujung-ujung rambut yang kaku dan kasar. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan perawatan khusus dengan bahan-bahan alami untuk mengembalikan rambut indah Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perawatan sederhana seperti berikut ini.

Memilih shampo
Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Begitu juga dengan shampo. Shampo memiliki bahan dasar yang berbeda antara satu sama lain. Masing-masing memiliki efek yang berbeda tergantung dengan kondisi rambut seseorang. Pilihlah shampo yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Lakukan keramas setidaknya 3 hari sekali. Namun angka tersebut tidaklah mutlak karena disesuaikan lagi dengan kondisi setiap orang. Dalam berkeramas, lakukan sedikit pijatan di area kepasa secara menyeluruh. Hal ini berguna membuat minyak alami menyebar di semua area rambut. Selain itu, pijatan ringan juga berfungsi membuat peredaran darah semakin lancar.
Melakukan perawatan
Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memberikan conditioner pada rambut. Conditioner sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Selain membuat rambut terlihat lebih halus, conditioner juga mampu menjaga kelembaban rambut dan membuat rambut tetap kuat. Penggunaan conditioner yang benar adalah 3 hari sekali. Lakukan setelah Anda keramas. Conditioner diberikan mulai dari ujung kepala sampai ujung rambut yang rusak. Lalu tunggu sebentar sampai vitamin pada conditioner tersebut diserap secara sempurna oleh rambut. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih.
Menyisir rambut
Selain membuat rambut nampak rapi dan bagus, menyisir rambut juga berfungsi meratakan penyebaran minyak alami rambut. Minyak alami ini bermanfaat menjaga kelembaban rambut agar tidak mudah rontok dan bercabang. Oleh karena itu, proses pemilihan sisir rambut tidak bisa dilakukan sembarangan. Gunakan sisir yang giginya masih utuh agar penyebaran minyak rambut bisa merata. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sisir dengan bantalan di ujungnya. Hal ini mampu merangsang rambut dalam memproduksi minyak alaminya.
Memotong rambut

Apabila rambut Anda terlihat bercabang, lebih baik potong saja ujungnya. Anda tidak perlu khawatir rambut Anda terlihat pendek karena hanya bagian bercabang saja yang dipotong. Rambut yang bercabang sudah tidak bisa kembali normal. Jika dibiarkan malah membuat pertumbuhan rambut tidak sehat dan mengganggu. Melakukan pemotongan atau trim rambut untuk mengatasi rambut bercabang sebaiknya dilakukan minimal 3 bulan sekali.


4 Tips Mengatasi Rambut Bercabang dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: setya adhi