Thursday, May 7, 2015

Cara Agar Rambut Cepat Panjang

Selain wajah, bagian yang pertama kali dilihat orang lain salah satunya adalah rambut, itu sebabnya bagian yang sering disebut sebagai mahkota ini perlu mendapatkan perhatian agar senantiasa sehat dan indah. Banyak yang mencari cara agar rambut cepat panjang, rambut panjang identik dengan penampilan anggun dan feminim.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat rambut panjang dengan secara cepat :

1. Styling yang berlebihan

Meskipun terlihat bagus tetapi terlalu banyak styling dapat merusak rambut bahkan menyebabkan kerontokan. Bahan kimia tertentu dan cleanser juga dapat menyebabkan penipisan rambut. Tidak masalah melakukan styling pada acara-acara tertentu tetapi melakukannya secara berulang berpotensi menurunkan kesehatan rambut yang berakibat rambut akan lebih sulit panjang dengan cepat.

Minimalkan proses pengkritingan, meluruskan rambut menggunakan bahan kimia atau mekanis, menggunakan rol, mewarnai rambut dan proses sejenisnya. Cara-cara tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

2. Bersihkan rambut

Gunakan produk yang cocok dan berkualitas saat mencuci rambut. Tergantung jenis rambut anda, bersihkan rambut 2-4 kali seminggu. Jenis rambut kering sebaiknya cukup dengan 2-3 kali keramas setiap minggu sedangkan rambut berminyak 3-4 kali seminggu. Tidak perlu menggunakan shampo dan conditioner setiap hari 2-4 kali seminggu sudah mencukupi.

Agar rambut cepat panjang ada baiknya mempertimbangkan bahan yang ada dalam shampo. Minyak kelapa, olive oil, alpukat diketahui sebagai bahan yang menjaga kelembaban serta mencegah dari kerusakan rambut

3. Jadwal potong rambut

Memotong ujung rambut sering-sering tidak membuat rambut tumbuh lebih cepat. Menurut para ahli rambut umumnya tumbuh antara 1/2 inch - 5/8 inch per bulan. Menjadwal potong rambut setiap 6-10 minggu masih menyisakan waktu bagi rambut untuk tumbuh rata-rata sekitar 1/4-1/2 inch per bulan.

4. Diet sehat

Tidak hanya baik untuk badan, diet sehat juga sangat bermanfaat agar rambut bisa tumbut dengan cepat dan sehat. Rambut membutuhkan nutrisi seperti seperti vitamin, mineral dan protein. Karena bahan utama pembentuk rambut terbuat dari protein sangat disarankan untuk mengkonsumsi sumber-sumber protein sehat seperti telur, ikan, daging, kacang-kacangan dan ikan dalam jumlah yang cukup.

Vitamin yang berperan dalam pertumbuhan rambut diataranya adalah A, D, E dan vitamin K. Selain vitamin, pastikan agar tubuh tidak kekurangan mineral besi dan zinc. Zat besi bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah yang megangkut oksigen ke akar rambut. Zinc membantu dalam perbaikan jaringan serta membuat kelenjar minyak di folikel berfungsi dengan baik. Sumber zinc atau zat seng bisa didapat dari tiram, daging sapi panggang rendah lemak, labu dam bijinya, cokelat hitam, dan bubuk kakao.

5. Gaya hidup sehat

Menjaga gaya hidup sehat membuat organ-organ tubuh berfungsi dengan baik termasuk rambut. Olahraga dan management stres yang baik mempengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut. Sekarang kita punya lebih banyak alasan untuk rutin berolahraga karena tidak hanya mempertahankan bentuk tubuh agar tetap ideal tetapi juga membuat rambut lebih sehat.

6. Cara tradisional agar rambut cepat panjang

Cara-cara tradisional berikut ini sering digunakan tetapi belum dikonfirmasi secara ilmiah dalam mempercepat pertumbuhan rambut. Meskipun demikian tidak ada salahnya mencoba salah satu cara tradisional berikut :
  • Campur lidah buaya dengan madu kemudian terapkan pada rambut. Biarkan selama kurang lebih dua puluh menit dan bilas.
  • Blender satu buah tomat dengan ditambah satu sendok teh olive oil. Sedikit hangatkan kemudian lumurkan pada rambut. Anda juga bisa menambahkan sedikit lidah buaya.
  • Cuci rambut dengan air rosemary. Bisa dalam bentuk shampo rosemary atau dengan membuat air rosemary sendiri.
7.  Produk penyubur rambut

Produk yang telah dikonfirmasi dapat mempercepat pertumbuhan rambut diantaranya mengandung Biotin atau mengandung MSM (methylsulfonylmethane).

Demikian di atas beberapa tips yang bisa Anda coba agar rambut cepat panjang. Anda juga dapat membaca beberapa artikel blog perawatan rambut ini seperti : Cara Menghaluskan Rambut dan Masker Rambut Alami.


Cara Agar Rambut Cepat Panjang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown